Kam. Okt 29th, 2020

PESONA OBYEK WISATA GUNUNG NYAPA

Desa Karangbale Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, yang mempunyai luas wilayah 678.93 Hektar, Koordinat Bujur : 108.9309, Koordinat Lintang : -7.010687, yang terdiri atas 4 RW dan 37 RT. Jarak dari Kantor Desa ke Kantor Kecamatan adalah 3 Km, ke Kabupaten berkisar antara 30 Km.

Secara geografis, Desa Karangbale merupakan wilayah pegunungan / dataran tinggi yang terdiri dari persawahan dan bukit-bukit. Salah satu bukit yang terkenal di Desa Karangbale yaitu Bukit Gunung Nyapa dan Puser Bumi sebagai daya tarik destinasi wisata yang dikelola oleh POKDARWIS dibahwah naungan BUMDes Desa Karangbale,

Gunung Nyapa mempunyai luas sekitar ±5 Hektar. Nama Gunung Nyapa itu sendiri tercipta dari kebiasaan orang-orang pada zaman dahulu yang selalu menyapa setiap tamu atau setiap ada orang yang datang dan berkunjung di gunung tersebut. Di Gunung Nyapa itu sendiri mempunyai beberapa goa, yaitu : Goa Uwong, Goa Putri, Goa Macan, Goa Lawa, Goa Kelabang, Goa Jago, Goa Pawon, Goa Antaboga, Goa Jaran.

Puser Bumi dalam bahasa Jawa disebut dengan Wudel Lemoh adalah tempat yang berada paling puncak di Gunung Nyapa. Di sekitar Puser Bumi terdapat sebuah tempat atau joglo yang digunakan untuk ritual Barikan (rasa syukur kepada Allah atas hasil bumi dalam mencari keberkahan dan merupakan salah satu adat untuk meminta turunnya hujan) yang selalu diadakan setiap sabtu kliwon pada bulan syura.

 

WhatsApp Image 2018-08-07 at 08.59.18

WhatsApp Image 2018-08-07 at 08.59.20

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *